Kenapa Ubud, Bali sering menerima penghargaan Internasional di bidang pariwisata?

 Bali, sebuah pulau kecil yang terletak di antara Pulau Jawa dan Lombok, atau antara benua Asia dan Australia memiliki banyak destinasi wisata, sehingga selalu menjadi pilihan para wisatawan dalam dan luar negeri. Bali memiliki keunggulan seni budaya dan adat istiadat, bukan hanya keindahan alamnya. Salah satu fokus para wisatawan selain mengunjungi Kuta, Sanur, Tanah Lot atau Pantai Lovina dan Candi Dasa, maka Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar ini memiliki daya tarik tersendiri. 

Karakter Ubud bisa dikatakan sedikit berbeda daripada desa atau destinasi lainnya, baik di Bali maupun kalau dibandingkan dengan kota-kota dan tujuan wisata dunia. Ubud pun sering menerima berbagai penghargaan prestisius dari berbagai lembaga tingkat dunia. 

Ubud, sebuah desa di Bali, sering terpilih sebagai destinasi wisata yang memperoleh penghargaan terbaik di bidang pariwisata karena beberapa faktor berikut:

 Keindahan alam dan budaya yang mempesona. Ubud terletak di tengah-tengah pegunungan Bali, dengan pemandangan alam yang indah dan asri. Selain itu, Ubud juga memiliki kekayaan budaya yang kental, yang tercermin dalam berbagai seni dan tradisinya. 

Mengunjungi Ubud para wisatawan, budayawan, penulis dan akademisi akan menemukan perpaduan unik antara adat istiadat, seni budaya, kehidupan sosial, dan berbagai aspek lainnya yang harmonis sebagaimana telah menjadi ciri khas Bali pada umumnya. 

Pemandangan alam di Ubud, Bali (Image: travel.kompas.com)

Fasilitas wisata yang lengkap dan berkualitas. Ubud memiliki berbagai fasilitas wisata yang lengkap dan berkualitas, mulai dari hotel, restoran, hingga tempat wisata. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat memenuhi kebutuhan wisatawan dari berbagai kalangan.

Meskipun Ubud lebih dikenal dengan berbagai hotel dan villa yang mahal, namun untuk para pelancong backpakers dan wisatawan dengan budget moderat pun bisa memilih hotel yang terjangkau, bahkan ada homestay yang sangat memanjangan wisatawan dengan anggaran terbatas, namun akses untuk mengunjungi tempat mewah untuk bersantai seperti ngopi dan breakfast pasti sangat menyenangkan karena Ubud terbuka untuk wisatawan darimana seluruh dunia tanpa membedakan status ekonomi. 

Fasilitas wisata di Ubud, Bali

Pengelolaan pariwisata yang berkelanjutan. Pemerintah daerah dan masyarakat Ubud berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan dengan menjaga kelestarian alam dan budaya Ubud.


Berikut adalah beberapa penghargaan yang pernah diberikan kepada Ubud dari lembaga pemeringkat atau lembaga lainnya:

  •  Penghargaan "Kota Terbaik di Dunia" dari majalah Travel and Leisure pada tahun 2022 dan 2023.
  • Penghargaan "Destinasi Wisata Terbaik di Asia" dari majalah Travel and Leisure pada tahun 2022 dan 2023.
  •  Penghargaan "Destinasi Wisata Terbaik untuk Seni dan Budaya" dari majalah Conde Nast Traveler pada tahun 2022.
  •  Penghargaan "Destinasi Wisata Terbaik untuk Wisatawan Milenial" dari majalah Forbes pada tahun 2022.

 Penghargaan-penghargaan tersebut menunjukkan bahwa Ubud adalah destinasi wisata yang berkualitas dan patut dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.

 

Comments

Popular posts from this blog

Wonderful Holiday in Tahiti and other French Polynesia islands

Surfing on the Medewi Beach

Raja Ampat is a true hidden paradise for scuba divers

Yoga paradise in Bali

Coffee tour in Bali

Holidays and adventure on the island of Lombok

Pura Ulun Danu Beratan, a beautiful temple in Bali

Fantastic Diving in Maratua

Adventure in Gold Coast, Australia

Amazing Holiday in Cuba